Nusa Tenggara Barat

Bupati Sumbawa apresiasi STBM Desa Nijang

GETNEWS – Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa menghadiri Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Nijang. Kecamatan Unter Iwes, Selasa pagi (2/11/2021) di Gedung Serba Guna Desa Nijang.

Tampak pula hadir antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepala Dinas Kesehatan, Anggota DPRD Sumbawa, Camat Unter Iwes, Camat Sumbawa, Sekcam Lab. Badas, Forkompimcam Kecamatan Unter Iwes, Kepala Desa se Kecamatan Unter Iwes, Koordinator Yayasan Plan Internasional dan para tokoh masyarakat di Desa Nijang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Varian Bintoro menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas nama Bupati Sumbawa kepada Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat yang dalam beberapa tahun ini membangun dan bergotong royong mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat secara mandiri tanpa intervensi dari pihak ketiga.

“Apresiasi kami atas nama Bupati Sumbawa, dengan APBDes-nya Desa Nijang dapat membentuk kekuatan kebersamaan untuk mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga”, ujar Varian.

Lebih lanjut, disampaikannya Pemerintah Daerah berharap, agar desa-desa lainnya dapat segera mendeklasikan STBM khususnya di Kecamatan Unter Iwes khususnya dalam menyongsong Kabupaten ODF (Open Defecation Free) 2022 sebagai salah satu pilar STBM yang akan dideklarasikan pada hari ulang tahun Kabupaten Sumbawa mendatang.

Selain itu juga, Bupati Sumbawa terus mengingatkan masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintah Desa untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi COVID-19.

Sebelumnya, Camat Unter Iwes, Evi Supiati melaporkan, Desa Nijang adalah Desa yang pertama mendeklarasikan STBM di Kecamatan Unter Iwes dan termasuk STBM Mandiri, karena murni didanai dari APBDes dan gotong royong masyarakat tanpa intervensi pihak ketiga.

Acara yang dibuka dengan senam STBM oleh ibu-ibu Tim Penggerak PKK Desa Nijang, ditutup dengan peesembahan Gentao oleh Siswa SDN Nijang serta pemberian hadiah lomba kebersihan lingkungan oleh Kepala Desa Nijang, Syarifuddin.

/info publik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button