GET FOCUS

Kadis Perumkim NTB : Pemerintah pusat bangun Rusus dan Homestay warga terdampak Sirkuit Mandalika

GETNEWS – Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perumkim) Pemprov NTB, Jamaluddin Malady, MT mengapresiasi langkah cepat pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR membangun 120 unit rumah khusus (rusus) dan 800 unit home stay bagi warga terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah.

“Pembangunan rusus tersebut bertujuan untuk merelokasi masyarakat yang tinggal Kampung Ujung, Desa Kuta,” kata Dea Guru Jamal, sapaan akrab Ketua Umum NWDI Kabupaten Sumbawa itu kepada media di ruang kerjanya, Senin (15/11).

Menurutnya, relokasi warga terdampak pembangunan sirkuit internasional MotoGP Mandalika akan dilaksanakan dengan pembangunan rusus untuk 120 kepala keluarga (KK).

Rusus tipe 36 ini dibangun dengan struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang lokasinya berada di lahan seluas dua hektar di Ngolang, Desa Kuta.

Selain itu, lanjut Dea Guru Jamal, rusus nantinya juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung. Antara lain, taman bermain anak, tempat ibadah, serta saluran air bersih.

Pembangunan rusus menggunakan skema kontrak tahun jamak (multi-years contract).

Dikatakan, pembangunan rusus bagi warga terdampak pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit bertujuan menambah ekonomi masyarakat.

“Saat ini, Direktorat Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR sudah melakukan relokasi sementara warga ke kampung yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka sebelumnya,” tandasnya.

Lokasi lahan baru untuk relokasi yang disiapkan berada di Ngolang, Desa Kuta sekitar empat kilometer dari kampung sebelumnya,” sambung Dea Guru Jamal.

Jika sudah tuntas dibangun, setiap unit rusus yang dibangun nantinya sudah dilengkapi dua kamar tidur, ruang keluarga, toilet, serta dapur.

“Kami berharap agar tahun depan seluruh rusus ini bisa selesai dibangun,” ujarnya.

Adapun home stay dibangun di dua lokasi, masing-masing 500 unit di koridor dan 300 lainnya di dalam perkampungan sekitar kawasan sirkuit.

Pembangunan home stay ini, kata Jamal, disebut Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) KSPN Mandalika di dua kawasan, yakni Praya Barat dan Kecamatan Pujut, Lombok Tengah dari dana APBN 2020 (penjelasan lengkap lihat tabel di gambar).

Dijelaskan, home stay ini nantinya warga dijadikan penginapan untuk pengunjung WSBK maupun MotoGP dengan sistem sewa sesuai MOu dengan warga dan Pemerintah yang bertujuan untuk menambah pendapatan warga.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button