Peristiwa Dan Kriminal

Polisi tangkap 3 WNA terkait Pinjol, uang Rp.217M disita sebagai barang bukti

GETNEWS – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menyita uang sejumlah Rp 217 miliar dari atasan pinjaman online (pinjol) ilegal berkedok Koperasi Simpan Pinjam Inovasi Milik Bersama (KSP-IMB) pada Selasa (16/11/2021).

“Dari 7 rekening yang diduga merupakan sumber tindak pidana tersebut berhasil disita atau diblokir penyidik sebesar Rp 217 miliar (Rp 217.007.433.643 miliar),” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Pol Whisnu Hermawan dalam konferensi pers, di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (16/11/2021).

Whisnu mengatakan, pihaknya telah mengetahui semua kegiatan dari pinjol tersebut. Kegiatan itu diantaranya terkait korban, SMS blasting, desk collection, transfer dana, payment gateway, pemodal, sampai pemimpin dari kegiatan ilegal tersebut. Adapun dalam perkara ini, penyidik telah menangkap 13 tersangka, tiga orang diantaranya merupakan WNA dengan inisial JMS (57), GCY (38), dan WJS (32).

JMS sendiri merupakan warga negara Amerika Serikat keturunan Tiongkok yang berperan sebagai bos sekaligus otak dari sejumlah aplikasi pinjol ilegal. Sementara itu, GCY dan WJS warga negara Tiongkok. Tersangka terancam hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

/FG

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button