NEWS

MK putuskan UU Cipta Kerja Inkonstitusional

GETNEWS – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Inkonstitusional secara bersyarat. Putusan itu dikeluarkan terkait gugatan yang diajukan oleh serikat pekerja terkait UU tersebut.

“Menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat secara bersyarat,” ujar Ketua Majelis Hakim MK, Usman Anwar dalam sidang uji formil UU Cipta Kerja yang disiarkan secara daring, Kamis (25/11/2021).

MK menilai pembentukan UU Cipta Kerja tidak berlandaskan pada asas keterbukaan publik, meskipun sudah melakukan beberapa pertemuan dengan beberapa pihak. Namun, pertemuan itu dinilai belum sampai pada tahap substansi UU. Begitu juga dengan draf UU Cipta Kerja yang sulit diakses oleh publik.

Oleh karena itu, MK memerintahkan kepada pemerintah dan DPR untuk memperbaiki UU Cipta Kerja dalam jangka waktu 2 tahun ke depan. Jika tidak dilakukan perbaikan, maka UU Cipta Kerja tersebut akan otomatis dinyatakan inkonstitusional bersyarat secara permanen. Adapun, seluruh UU yang terdapat dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja tetap berlaku sampai dilakukan perbaikan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button