Nusa Tenggara Barat

Gerak Cepat Baznas Lobar memberi Bantuan Senilai Setengah Miliar Untuk Korban Banjir

GETNEWS – Bupati Lombok Barat serta BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor Lombok Barat di Kantor Camat Gunungsari, Lombok Barat. Sabtu (11/12/2021). Bantuan yang diberikan oleh Baznas dengan total setengah miliar rupiah berupa bantuan bagi 1.000 KK dimana masing masing KK memperoleh 500.000

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua BAZNAS Lombok Barat TGH. M. Taisir Al-Azhar, Asisten I Daerah Lombok Barat Agus Gunawan, Kepala Pelaksana BPBD Lobar Mahnan, Kepala Dinas Sosial H. Lalu Martajaya, Kepala Dinas KOMINFOTIK Ahad Legiarto, Camat Gunungsari, anggota BAZNAS serta perwakilan penerima bantuan.

Ketua BAZNAS Lombok Barat yang baru saja dilantik pada hari Senin (6/12/2021) lalu menyampaikan bahwa kejadian banjir bertepatan dengan pelaksanaan pelantikan pengurus BAZNAS tahun 2021-2026.

“Kami pada saat itu menunggu hingga Pak Bupati tiba dan kami belum tau pasti kalau ternyata Lombok Barat telah terendam banjir di Kecamatan Batulayar dan Gunungsari dan Alhamdullillah setelah kami semua dilantik, kami pun turun ke lapangan esokkan harinya untuk mendata, mensurvei dan melihat secara langsung lokasi yang terdampak.” Jelasnya.

TGH. M. Taisir Al-Azhar menyampaikan bahwa setelah mereka melihat kondisi lokasi yang terdampat, dari pihak BAZNAS kemudian dengan tanggap segera mengurus untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga setelah melihat kondis pihaknya bersama pimpinan Baznas lainnya bergerak cepat dengan memberikan bantuan bagi masyarakat korban banjir dan longsor di Lombok Barat. “Kami kucurkan sekitar setengah miliar rupiah untuk masyarakat korban banjir dan longsor”ujarnya.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan kepada masyarakat untuk saling menjaga kebersamaan dan saling membantu.

“Kemungkinan cuaca buruk ini berdasarkan pemberitahuan dari BMKG akan berlangsung hingga awal Februari dan puncaknya terjadi pada bulan Desember dan Januari.” Jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah akan siap membantu masyarakat dalam hal kebutuhan pangan yang dimana didata untuk satu orang beras yang disediakan adalah 400gr untuk satu hari/perorang.

“Saya juga memohon doa karena saya hari Rabu akan ke Jakarta dan mendiskusikan mengenai bantuan perbaikan rumah-rumah yang rusak.”

H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa kemarin (10/12/2021) setelah pergi bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini akan memberikan bantuan tenda dalam waktu dekat ini. Ia juga menyampaikan bahwa Menteri Sosial tidak ingin masyarakat yang walaupun rumahnya tidak rusak itu tidak ikut mengungsi karena sangat ditakutkan adanya bencana dimalam hari sehingga sulit bagi mereka untuk menyelamatkan diri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button