GET INFO

Ini Kata Danrem 162/WB Saat Wawancara Eksklusif “Jendral Pulang Kampung Untuk Pengamanan MotoGP

GETNEWS – Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., ikuti wawancara eksklusif live streaming oleh Pimpinan Redaksi Radar Mandalika Diki Wahyudi di ruang rapat Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (17/1/2022).

Wawancara bertema “Jenderal Pulang Kampung Untuk Pengamanan MotoGP” berkaitan dengan menjabatnya kembali Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., sebagai Danrem 162/WB dan keterlibatan TNI dalam pengamanan MotoGP 2022 di Pertamina Internasional Street Circuit Mandalika yang akan digelar bulan Maret mendatang.

Terkait hal itu, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede menerangkan bahwa dirinya saat ini kembali menjabat sebagai Danrem 162/ WB untuk yang kedua kalinya, dimana sebelumnya pada tahun 2015 – 2016 sudah pernah memikul jabatan yang sama. Hal itu, menurutnya bukan secara khusus atau sengaja semata-mata untuk pengamanan MotoGP.

“Saya sebagai prajurit TNI selalu siap ditempatkan di mana saja. Jadi, saat itu KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) masih dijabat oleh Pak Andika (Saat ini Panglima TNI) dengan konsep mengembalikan putra daerah untuk melaksanakan tugas di daerah mungkin itu, tapi bukan semata-mata untuk mengamankan MotoGP,” tukasnya.

Namun menghadapi event besar itu, lanjut alumni Akmil 1988 itu, TNI juga harus mengambil andil dalam pengamanan, karena ini merupakan agenda besar dari pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan ekonomi terutama di bidang pariwisata. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB khususnya Lombok Tengah.

Danrem 162/WB menjelaskan, keterlibatan TNI dalam pengamanan MotoGP nanti merupakan perbantuan pengamanan, yaitu untuk membackup Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) selaku institusi yang memiliki leading sektor dalam hal tersebut. Dengan pengalaman event World Superbike (WSBK) dikatakan, pihaknya dengan Polda NTB sudah siap dan akan selalu berkoordinasi untuk memberikan pengamanan terbaik demi suksesnya MotoGP 2022.

Adapun rencana pengamanan yang saat ini sudah disiapkan, ungkap Mantan Irdam IX/Udayana itu terdiri dari tiga item, yaitu perbantuan pengamanan itu sendiri, rencana menghadapi kontinjensi baik bencana maupun non bencana, serta pengamanan VVIP apabila Presiden dan Wakil Presiden RI datang menyaksikan perhelatan kelas dunia tersebut. Dan hal ini juga nanti akan disimulasikan kembali sekitar satu bulan sebelum pelaksanaan MotoGP.

“Saya siapkan 1.200 personel yang akan melaksanakan pengamanan secara tersebar karena di MotoGP ini tidak hanya di Mandalika saja, kita juga mengamankan pintu pintu masuk seperti pelabuhan Bangsal, Kahyangan, Lembar, Gilimas dan BIZAM sendiri,” ungkap Lalu Rudy Irham Srigede.

“Jadi, TNI juga memiliki tugas pokok pengamanan VVIP terhadap Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya, maupun Pejabat Negara setingkat Kepala Negara. Dalam pelaksanaan tugas ini kami juga membutuhkan perbantuan dari Kepolisian, demikian juga sebaliknya dalam pengamanan yang merupakan tanggungjawab Polri, kita juga ikut membantu,” paparnya.

Danrem 162/WB menambahkan, mantan Panglima TNI Marsekal TNI Purn Hadi Tjahjanto ditunjuk sebagai koordinator Kesiapan MotoGP oleh Presiden Joko Widodo merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk menyukseskan MotoGP.

Hadirnya Marsekal TNI Purn Hadi Tjahjanto adalah untuk mengkoordinir semua kekurangan yang ada saat event WSBK pada Nopember 2021 lalu mulai kesiapan BIZAM, lalu lintas jalan raya Bypass BIZAM – Mandalika, Sirkuit, penambahan fasilitas Hotel ataupun penginapan untuk para tamu dan penonton maupun sarana prasarana lain yang perlu disiapkan oleh pemerintah daerah sendiri.

“Sekarang semuanya dikoordinir, artinya bahwa ini adalah momen internasional yang memang kita harus betul-betul memberikan kesuksesan karena mata dunia yang melihat. Makanya kita semua stakeholder harus betul-betul all out untuk menyukseskan event MotoGP,” pungkas Mantan Asrendam XVI/Patimura itu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button