Nusa Tenggara Barat

Wagub NTB Resmikan SPKLU, Menuju Net-Zero Emission 2050

GETNEWS – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN secara serentak oleh PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara. Kehadiran kendaraan listrik di NTB sebagai langkah dalam mewujudkan Net – Zero Emission tahun 2050.

“NTB Komit dengan Net – Zero Emission untuk lebih cepat, tentu lingkungan harus kita jaga, salah satunya dengan menghindari emisi karbon, kehadiran SPKLHU otomatis transfer kita dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik lebih cepat,” tutur Ummi Rohmi saat memberikan sambutan di acara Peresmian SPKLU yang berlangsung di Kantor PLN UP3 Mataram, Senin (17/01).

Ummi Rohmi juga mengatakan bahwa kehadiran kendaraan listrik, mendorong Pemerintah untuk membentuk Peraturan Gubernur (Pergub) agar penggunaan kendaraan listrik bisa dipercepat.

“Kami akan melihat penerbitan Pergub dengan tujuan untuk mempercepat proses peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik di NTB,” pungkas Ummi Rohmi.

Selain itu, Provinsi NTB sebagai salah satu daerah pariwisata, sudah saatnya memanfaatkan kendaraan listrik, seperti di daerah Gili, Mandalika dan diberbagai tempat wisata lainnya.

“Kita berharap agar kendaraan listrik dapat digunakan ditempat wisata lainnya,” tutur Wagub.

Dalam acara tersebut Wagub didampingi oleh Kapolda NTB, Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran .

Sementara itu, GM PLN UIW NTB, Lasiran, berkomitmen mendorong tumbuhnya energi bersih di NTB, sesuai dengan visi Pemprov NTB dan sesuai dengan NZE tahun 2050.

“Kami tidak lagi membangun pembangkit energi tidak bersih, tetapi sudah dibangun dengan energi baik,” tuturnya.

Sebanyak 3 SPKLU yang sudah terpasang, diantaranya berada di Kantor PLN Wilayah, Kantor PLN UP3 Mataram, Kantor PLN UIW NTB dan Kantor Gubernur NTB.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button