NEWSNusa Tenggara Barat

Gerak Cepat Personel Denpom IX/2 Mataram Tangkap DPO Anggota Desersi Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad

GETNEWS – Detasemen Polisi Militer Angkatan Darat IX/2 Mataram turun tangan mengusut dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang menjadi DPO (Desersi) terkait mengenai prajurit yang meninggalkan Kesatuan pada hari Kamis 13 Agustus 2020.

Berdasarkan adanya Surat Danbrigif 20/3 Kostrad Nomor : R/754/IX/2020 tanggal 10 September 2020 tentang pencarian dan penangkapan DPO yang bernama Sertu Andi Wahyudi Ba Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad, Divif-3 Kostrad.

Dalam hal itu, Komandan Denpom IX/2 Mataram Letnan Kolonel Cpm Dwijo Setyono, S.H., M. Sc., mengeluarkan Surat Dandenpom lX/2 Mataram Nomor : R/163/ll/2021, Tanggal 10 Februari 2021 tentang perintah pencarian dan penangkan Sertu Andi Wahyudi Ba Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad.

Adanya surat perintahDandenpom kepada Seksi Lidpamfik Denpom IX/2 Mataram yang dipimpin oleh Pasi Lidpamfik Kapten Cpm Lalu Muh. Hibban, S.H., kemudian Pasi Lidpamfik langsung menugaskan 7 orang anggotanya untuk mencari tau keberadaannya tersangka yang menjadi DPO.

“Dengan gerak cepat, tak lama kemudian Kapten Cpm Lalu Muh.Hibban, S.H., menerima informasi dari anggotanya bahwa target tinggal di Kost NANDA di daerah Babakan, Kelurahan Dasan Cermen, Kota Mataram. Lalu Pasi Lidpam melaporkan informasi yang didapat tersebut kepada Dandenpom IX/2 Mataram Letkol Cpm Dwijo Setyono,S.H. M.Sc., dan mendapat perintah untuk merencanakan penangkapan,” jelas Pasi Lidpam.

Sementara itu, Kapten Cpm Lalu Muh.Hibban,S.H., berkoordinasi dengan Pasi Gakkum, sehingga memerintahkan 3 orang Balaklaplidpam untuk melakukan matbar lokasi keberadaan DPO yang dipimpin Pelltu Tata Permana bersama anggotanya Serka Priyadi dan Pelda Usman beserta 3B Nyoman Sudarsana,” ungkapnya.

Kemudian Kapten Cpm Lalu Muh.Hibban, S.H., membawa 4 orang anggota Gakkum untuk melakukan penangkapan ke tempat kost Sertu Andi Wahyudi, setibanya Pasi Lidpam beserta 4 anggotanya tiba dilokasi kost langsung melakukan penggerbekan dan menangkap Sertu Andi Wahyudi beserta membawanya ke Madenpom IX/2 Mataram untuk diserahkan kepada Pasi Idik Denpom lX/2 Mataram Kapten Cpm (K) Evi Nilasari guna untuk proses hukum lebih lanjut,” Terangnya.

Komandan Denpom IX/2 Mataram Letnan Kolonel Cpm Dwijo Setyono, S.H., M. Sc., pada hari Selasa tanggal 28 Januari 2022 membenarkan dengan adanya penangkapan oknum Desersi yang dilakukan oleh Kapten Cpm Lalu Muh. Hibban, S.H., bersama beberapa anggotanya di sebuah Kost Nanda tersebut tanpa ada perlawanan dari tersangka DPO,” Ucapnya.

“Dijelaskan, bahwa kasus desersi Sertu Andi Wahyudi sudah disidang di Pengadilan Militer lll-19 Jayapura dan sudah di vonis 1 (satu) tahun penjara dan diberhentikan tidak dengan hormat sesuai dengan Keputusan Pengadilan Militer lll-19 Jayapura nomor :56-K/PM lll-19/AD/IX/2021 tanggal 31 Mei 2021,” tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button