Nusa Tenggara Barat

MCI Fasilitasi Media Lokal Beritakan Side Event Tes Pramusim MotoGP

GETNEWS – Menjelang tes pramusim MotoGP tahun 2022 di Sirkuit Mandalika, Pemprov NTB bersama Kementerian Kominfo RI, Polda NTB dan Pemkab Lombok Tengah memfasilitasi media lokal memberitakan sisi lain (side event) dari ajang balap motor internasional tersebut dengan menghadirkan Media Center Indonesia (MCI) di areal Sirkuit Mandalika, Lombok.

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah melalui Kepala Dinas Kominfotik Dr. Najamuddin Amy, menyampaikan bahwa MCI dibangun untuk wadah para jurnalis lokal memberitakan MotoGP.

“Karena banyak sisi lain disekitar kawasan sirkuit yang harus di beritakan untuk masyarakat,” ucapnya pada kegiatan pembekalan dan pengarahan peliputan pra season MotoGP di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kamis, (10/02).

Najam berharap Media atau jurnalis menyampaikan pemberitaan dan informasi yang membangun citra baik sekaligus membangkitkan pariwisata dan ekonomi di NTB. Tak lupa dirinya menyampaikan apresiasi kepada Kemenkominfo RI, yang sudah menfasilitasi media lokal untuk memudahkan akses peliputan di event MotoGP.

“Kami terus berusaha siang dan malam bersinergi dan berkolaborasi dengan Kominfo RI, Kabid Humas Polda NTB dan Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah, bersama ITDC mengupayakan kemudahan akses liputan untuk media lokal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, bahwa kehadiran Media Center Indonesia ini menjadi sarana menfasilitasi media lokal di NTB.

Dikatakannya, rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda NTB ini sangat penting untuk diketahui media atau pers yang akan bertugas di Media Center Indonesia. Agar memahami jalur kendaraan dan penyekatan lalu lintas dibeberapa titik.

Ada 5 pintu koridor masuk di NTB, yakni Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas untuk kedatangan kapal besar, Bandara Bizam dan Pelabuhan Kayangan.

“Masing-masing titik akan dijemput bus yang mengantar ke kawasan sirkuit Mandalika,” jelasnya.

Dari situ, bus akan mengantar ke parkir barat dan timur sesuai tiket. Komposisi kapasitas parkir di kawasan Mandalika terdiri dari 70 persen di sisi timur dan 30 persen barat.

Oleh sebab itu, kendaraan awak media akan dilabeli dengan stiker khusus hingga masuk parkir. “Saya sudah koordinasi dengan Satlantas,” terangnya.

Ada 5 unit kendaraan yang disediakan untuk khusus menjemput awak media dari parkiran menuju media center Indonesia.

Sementara untuk pengamanan kegiatan pra season MotoGP ini telah disiapkan 1.628 personel gabungan dari Polda NTB, TNI dan stakeholder lainnya.

Perwakilan dari Kemenkominfo RI, Yudi
mengatakan bahkan Menteri Kominfo RI, mendukung penuh MotoGP, terutama penyediaan infrastruktur. Termasuk informasi dan komunikasi publik.

Oleh sebab itu, komitmen untuk menyampaikan semua informasi tentang kegiatan di perhelatan MotoGP dari sesi sesi tes hingga pelaksanaan, dapat tersiar dan diakses oleh seluruh masyarakat indonesia.

“Kehadiran Media Center Indonesia di MotoGP, diharapkan menjadi tempat untuk media menyampaikan kabar positif indonesia,” ungkap Yudi.

Dikatakan juga bahwa media yang akan melakukan peliputan merupakan media yang terdaftar dan registrasi di Kemenkominfo dan Dinas Kominfotik NTB. Media dianjurkan tetap menjaga Prokes dan menjauhi kerumunan dan melakukan PCR.

Media hanya bisa meliput di sekitar area kawasan Sirkuit, bukan di Pedok, mematuhi aturan sesuai ketentuan dari official MotoGP.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button