SPEED

Lintasan Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP 2022

GETNEWS – Lintasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)  dipastikan siap menggelar balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, melalui keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2022).

Pada awal pekan ini, katanya, sirkuit kebanggaan tanah air tersebut akan diperiksa pihak Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM).

Pihaknya dikatakan Priandhi memperkirakan, homologasi grade A akan diberikan sebelum race weekend dimulai.

Pengerjaan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika seperti yang diminta oleh FIM dan pihak Dorna telah selesai dilakukan pada Kamis (10/3/2022), satu minggu penuh sebelum pagelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Priandhi menegaskan, pengerjaan pengaspalan ulang ini adalah bukti komitmen Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) dan MGPA untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Dikatakannya, pihak Dorna dan FIM sebenarnya hanya menyarankan perbaikan di beberapa tikungan lintasan sepanjang 4,31 km tersebut.

“Namun, karena waktunya cukup, PT Pembangunan Perumahan melakukan pengelupasan aspal ulang dari setelah Tikungan 16 hingga ke Tikungan 5. Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat. Pihak FIM akan datang pada hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi,” ujarnya.

Priandhi  menambahkan, salah satu tantangan dalam pembangunan lintasan ini adalah menyesuaikan kecepatan para pebalap yang akan beraksi. “Tak mudah membuat permukaan lintasan,” ujarnya.

Menurutnya, di Indonesia belum pernah ada lintasan dilewati dengan kecepatan melebihi 250 km/jam.

“Ini bisa sampai 300 km/jam bukan hanya jalan lurus tapi juga tikungan. Ibaratnya kalau kita menulis di kertas lalu disetip terus-terusan pasti kertasnya bolong. Lintasan juga mungkin terkikis. Mungkin ketika itu ada banyak faktor, cuaca, dll yang membuat kualitasnya tidak sebagus sekarang,” ujarnya.

Selain itu, beberapa hal lain yang terus dibenahi memasuki pekan balapan adalah hal-hal minor berupa cat warna merah-putih di kerb dan cat hijau di run-off area.

Selain itu tembok dibersihkan dan juga ada beberapa titik yang dikasih global branding, yakni sponsor-sponsor yang bekerja sama dengan Dorna di seluruh event Kejuaraan Dunia MotoGP.

Namun, Priandhi mengatakan syarat utama homologasi adalah lintasan.  “Paling penting aspal, lainnya hanya beautifikasi. Kami optimistis bisa dapat homologasi grade A dan penyelenggaraan MotoGP aman,” katanya.

(Foto: MGPA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button