NEWS

Tarian siswi SMKN 1 Mataram pukau delegasi 1st Meeting DEWG G20

GETNEWS – Para delegasi Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 2022 dihibur oleh Tarian Kembang Sembah, sebelum memulai pertemuan perdana mereka di Hotel Aruna Senggigi Resort and Convention, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tarian yang diangkat dari tradisi kehidupan masyarakat suku Sasak Lombok Utara itu, dibawakan dengan apik oleh empat orang siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mataram, Lombok.

“Persiapan para penari itu memakan waktu antara empat sampai lima bulan. Itu adalah salah satu kegiatan ekskul di SMK Negeri 1 Mataram,” ujar Pelatih Tari dan Guru Seni Budaya SMK negeri 1 dan SMK Negeri 4 Mataram Ida Nyoman Jelantik di sela-sela acara 1st Meeting DEWG G20 2022 di Senggigi pada Selasa (29/3/2022).

Menurut Nyoman, tarian Kembang Sembah merupakan tari tradisi garapan baru yang menceritakan para remaja yang bersukacita menyambut tamu agung atau terhormat.

Tarian bertempo sedang dengan alunan musik tradisional itu, menurutnya biasa ditampilkan dalam acara adat atau acara resmi pemerintahan sebagai tari persembahan.

“Tarian itu, asli Lombok yang dibuat sejak 2007. Itu menceritakan remaja yang bersemangat menyambut tamu agung,” imbuhnya.  

Nyoman yang mengampu pelajaran tari dari dua sekolah berbeda itu, mengaku sudah mempersiapkan para muridnya jika ada permintaan penampilan penari dari Pemerintah Daerah (Pemda).

Dia juga mengaku sudah mempersiapkan Tari Gandrung yang akan ditampilkan dalam acara penutupan forum perdana DEWG G20 pada malam ini.

“Tari Gandrung ini penarinya ada dua orang, mereka siswi dari SMK 4 Mataram, nanti ditampilkan pada penutupan,” tukasnya.

Foto: Amiriyandi/InfoPublik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button