Pulau Sumbawa

Program Upland pengembangan Bawang Merah untungkan Kelompok Tani Bawang Sumbawa

GETNEWS – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati, M.Si mengatakan, pengadaan bibit bawang merah program Upland, sepenuhnya akan meguntungkan kelompok Tani Bawang merah di Sumbawa.

“Hasil panen dari petani bawang merah yang tergabung dalam kelompok tani program upland ini, semuanya akan dibeli oleh perusahaan, dengan harga yang sesuai,” katanya.

Sementara untuk isu yang berkembang terkait adanya permasalahan dalam pengadaan bibit, Ia menegaskan bahwa pengadaan bibit bawang merah untuk program Upland telah sesuai aturan. Sistem pengadaannya, berpedoman pada Perpres Nomor 16 Tahun 2018.

“Soal isu bahwa bibit bawang merah itu dari Bima, hal itu tidak benar. Karena kami sendiri mengawal pendistribusian bibit tersebut dari Jawa ke Sumbawa,” ungkapnya.

Memang, kata ia, truk bermuatan bibit bawang tersebut sempat lolos karena tidak tahu situasi jalan lantaran sopir berasal dari Brebes Jawa Tengah.

“Memang benar sopir truk itu kelolosan karena tidak tahu jalan, karena beliau itu dari Jawa. Semua akhirnya belok lagi sehingga dikatakan bahwa dari bima. Semua tiga sopir itu mengeluarkan surat jalannya lengkap. Ada penyebrangan dari Surabaya, dari Lombok ke Sumbawa, semua ada,” katanya.

CV Sudah Ada, selaku rekanan pengadaan benih sekaligus pembeli hasil.

“Hasil dari kegiatan pengembangan bawang merah melalui program Upland ini akan kami beli,” kata Dian Alex Chandra dari CV Sudah Ada, Selasa (5/4/22).

Pembelian langsung ini kata dia, mengefisiensi jalur penjualan yang banyak mengeluarkan biaya. Ketika dibeli langsung oleh rekanan, maka petani bawang akan mendapat harga rekanan, bukan harga pengecer, pengepul, dan lainnya.

“Hasilnya yang kita beli dari petani langsung dieksport ke beberapa negara terutama kawasan ASEAN di antaranya Thailand dan Singapura, dengan label bawang Sumbawa,” tegasnya. ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button