Pulau Sumbawa

Imigrasi Sumbawa musnahkan 17.343 berkas arsip fisik substansif

GETNEWS – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar memusnahkan arsip fisik substansif. Kegiatan digelar secara simbolis di Aula Kanim Sumbawa Besar, Kamis (7/4).

Kegaiatan pemusnahan ini dihadiri dan disaksikan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang diwakili Kukoh Iqbal, Divisi Keimigrasian yang diwakili Sunaryo, Subkoordinator Pengelolaan Arsip Inaktif Biro Umum Kemenkumham, Emon A. Kohar dan Arsiparis Ahli Pertama Biro Umum Kemenkumham, Herman Agus WKP.

Adapun kegiatan ini merupakan penyusutan arsip dalam bentuk pemusnahan sebagai salah satu cara untuk mengurangi jumlah arsip. Sehingga tercipta efesiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan. Selain itu pemusnahan arsip merupakan upaya untuk menjaga keamanan informasi dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam sambutan Subkoordinator Pengelolaan Arsip Inaktif, Emon A. Kohar, mengatakan, pemusnahan arsip harus di laksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemusnahan arsip bertujuan untuk mengurangi volume arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan tentunya menghindari terjadinya penumpukan di tempat penyimpanan arsip.

Sementara Kasi Tikkim Kanim Sumbawa Besar, Erna Loreta Silalahi menyampaikan, Kanim Sumbawa Besar telah melaksanakan secara rutin pemusnahan arsip yang sudah melewati masa retensi. Tahun ini kembali Kanim Sumbawa Besar melaksanakan pemusnahan sejumlah 17.343 berkas.

Jumlah tersebut terdiri dari berkas permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) tahun 2018 sebanyak 8.490 berkas dan permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) tahun 2019 sebanyak 8.853 berkas. Hal ini sesuai dengan surat kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor B-KN. 00.03/75/2022 tanggal 24 Maret 2022. Dengan pemusnahan arsip fiksik, akan menjadi solusi yang tepat dan efektif bagi masalah penyimpanan arsip yang semakin lama semakin menghabiskan ruang penyimpanan pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button