GET SPORTPulau Sumbawa

Sirkuit Moto Cross Grand Prix Samota Sumbawa mulai dibangun

GETNEWS – Setelah ajang Word Suoer Bike atau WSBK dan MotoGP Mandalika sukses digelar, kini NTB akan kembali menggelar ajang balap motor kelas dunia yakni Moto Cross Grand Prix atau MXGP yang akan digelar di kawasan Samota, Sumbawa.

“Hari ini sirkuit motor cross kelas dunia tersebut mulai dibangun,” kata Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, Senin (11/4/22) di lokasi.

Dikatakan, setelah sukses menggelar dua event balap motor kelas dunia yakni WSBK dan MotoGP Mandalika, Pemprov NTB akan kembali menggelar ajang balap motor kelas dunia yakni MXGP yang akan digelar tanggal 26 Juni 2022 mendatang di Samota.

“Lokasi balap motor yang akan diikuti oleh sembilan belas negara, kali ini bukan di Pulau Lombok ya, tapi di Sumbawa, tepatnya di Samota,” katanya.

Menurut Gubernur Zul, proses pembangunan sirkuit sudah mulai dikerjakan hari ini, sejumlah alat berat sudah mulai beroperasi diatas lahan seluas 15 hektare. lahan yang sebelumnya merupakan ladang jagung tersebut kini sudah mulai dibuka dan dibentuk menjadi sirkuit MXGP.

“Tim dari Infront Motor Racing dan IMI, datang langsung ke Samota Smbawa, untuk melihat langsung proses pembangunan sikuti ini. Mereka ingin memastikan apakah informasi yang kita berikan selama ini dari foto dan video sesuai dengan di lapanga,” katanya.

“Tim Infront sudah datang ke lokasi, saat melihat langsung lokasi, mereka senang,” kata gubernur lagi.

Diharapkan, kata ia, kesuksesan di Mandalika juga akan terukir di Sumbawa. Dimana efek dari event besar ini dirasakam oleh masyarakat luas.

“Mudah mudahan, dengan adanya MXGP ini, akan membawa dampak yang baik terutama bagi pengusaha lokal dan juga bagi masyarakat Sumbawa,” tutup gubernur.

Ditambahkan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, lahan sudah disiapkan Pemda Sumbawa seluas 50 hektare. Namu demikian kata Novy, untuk lahan utama sirkuit hanya dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 hektare.

“Kita sudah siapkan lahan seluas 50 hektare, namun untuk lokasi trek sirkuit hanya 15 sampai 20 hektare. Nah, apabila masih dibutuhkan untuk Venue MXGP seperti untuk tribun penonton, paddok da fasilitas kesehatan, maka lahannya juga sudah siap,” kata Novy.

Setelah tim arsitek dari Infront selesai mengerjakan master dan design, maka hari ini langsung pembuatan sirkuit.

“Intinya Pemda Sumbawa sudah siap. Semua fasilitas yang dibutuhkan untuk MXGP ini, kita akan siapkan untuk menyukseskan event balap motor kelas dunia ini,” katanya menambahkan.

Infront Moto Racing, sebagai promotor MXGP telah mengeluarkan jadwal resmi bahwa salah satu jadwal MXGP Indonesia adalah di Samota Sumbawa, tanggal 26 Juni 2022 mendatang. ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button