Pulau Sumbawa

Jelang lebaran, Dewan dorong Pemda bentuk Satgas Pantau Sembako di 24 Kecamatan

GETNEWS – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq meminta kepada Pemerintah Daerah untuk lebih gencar melakukan pemantauan sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Pasalnya di momentum ini, konsumsi masyarakat dinilai cenderung meningkat.

“Pemda harus lebih agresif melakukan pengawasan terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di pasaran. Jangan sampai terjadi kelangkaan dan kenaikan harga yang tidak terkendali pada kebutuhan pokok menjelang Lebaran,” ujar Ketua DPRD, Jum’at (22/4).

Bahkan, Ketua DPRD mendorong untuk dibentuknya Tim Satgas yang dapat mengantisipasi krisisnya ketersediaan sembako di 24 Kecamatan. Sehingga, pemantauan oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas UMKM Indag, tidak hanya dilakukan di Pasar Tradisional wilayah kota saja, namun juga oleh pihak terkait lainnya di masing-masing kecamatan.

“Bila perlu bupati segera bentuk Tim Satgas yang diturunkan. Jadi tidak hanya Diskoprindag saja yang melakukan pengawasan, tetapi pihak lainnya. Kita juga DPRD siap masuk dalam Satgas tersebut. Karena biasanya pemantauan dilakukan di perkotaan saja. Jangan sampai di wilayah kota aman terkendali, namun di kecamatan malah langkah barang ini,” tambahnya.

Dikatakan, masalah kenaikan harga dan kelangkaan kebutuhan pokok masyarakat menjadi hal yang paling banyak disampaikan masyarakat kepada pihaknya saat bertemu masyarakat di lapangan maupun di Kantor Dewan.

Dia mengatakan dalam pertemuan di kantor dan sejumlah tempat masyarakat mengadu kepada dewan mengenai kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng, khususnya yang dikeluhkan para ibu pemilik UMKM dan usaha kuliner.

“Kami mendesak pemerintah daerah untuk lebih gencar menggelar pasar murah atau operasi pasar. Kemudian harus lebih merata sehingga warga pelosok pun mendapat manfaatnya,” Kata Abdul Rafiq. ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button