POLICE LINE

Takut karena tak bawa surat kendaraan, seorang pengendara nekat terobos razia Satlantas

GETNEWS – Seorang pengendara sepeda motor nekat menerobos penjagaan petugas saat tengah melaksanakan kegiatan razia Operasi Keselamatan Rinjani 2022 yang berlokasi di Jalan Dr. Soetomo tepatnya di depan kantor Perusda Sumbawa, Sabtu (21/05) pagi.

Saat petugas hendak memeriksa kelengkapan surat kendaraan dan Surat Izin Mengemudi atau SIM, tiba tiba pengendara tersebut tancap gas.

Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho, melalui Kasi Humas Akp Sumardi, Sabtu (21/05) membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Kasi Humas, awalnya petugas memberhentikan salah seorang pengendara dikarenakan melanggar peraturan lalu lintas yakni tidak memakai helm. Saat akan diperiksa oleh petugas, pengendara tersebut dengan spontan menarik gas kendaraannya dan hendak kabur menerobos petugas.

“Pengendara tersebut hendak kabur, namun petugas dengan sigap menghalau dan berhasil menghentikan pengendara tersebut,” ungkapnyaca.

Saat diinterogasi, lanjut AKP Sumardi pengendara tersebut mengaku takut dan ingin menghindari pemeriksaan petugas, karena tidak membawa surat surat kendaraan.

“Pengendara tersebut mengaku takut karena tidak bawa surat lengkap. Dan memang benar, saat diperiksa pengendara tersebut ternyata tidak membawa surat-surat kendaraannya,” tutur Kasi Humas.

Akibat perbuatannya, pengendara tersebut kemudian mendapatkan hadiah berupa surat tilang karena jelas telah melanggar peraturan berlalu lintas.

“Jika dengan sengaja menghindar atau melarikan diri dari penertiban petugas artinya tidak hanya melawan hukum, tetapi juga dapat menyebabkan kecelakaan dan memnahayakan pihak lain, termasuk petugas kepolisian, risikonya bisa berlapis,” tegasnya.

Ditambahkan, sikap tidak mematuhi perintah petugas adalah termasuk dalam pelanggaran lalu lintas. ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button