Nusa Tenggara BaratPulau Sumbawa

Berapapun Banyaknya, Perusahaan Lokal ini Berani Beli Jagung Petani 4.400-4.450 Per Kilogram

Sumbawa, NTB – Petani jagung di Kabupaten Sumbawa tidak perlu risau lagi terkait dengan anjloknya harga jagung. Pasalnya, berapa pun banyaknya jagung petani akan diakomodir.

Harga pembelian pun pun di atas HET (harga eceran tertinggi) yaitu Rp 4.400—4.450 per kilogram. Pembelian dengan harga menggiurkan ini dilakukan CV Layan Tani. Pengusaha lokal asal Sumbawa ini berani membeli harga tersebut jauh melebihi harga di atas perusahaan besar yang selama ini membeli jagung petani khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Direktur CV Layan Tani, Hendra Gunawan yang ditemui saat pengiriman perdana jagung pipilan ke Surabaya melalui Pelabuhan Badas, Kamis (23/6) mengakui hal itu. Perusahaannya telah membeli jagung petani khususnya di Kabupaten Sumbawa seharga Rp 4.400—4.450 per kilogram, melebihi harga HET maupun harga yang ditawarkan perusahaan lain.

Baca juga : Kabupaten Sumbawa Kirim 2000 Ton Komoditi Unggulan Jagung Pipilan

Keberanian CV Layan Tani membeli jagung dengan harga tersebut, selain membantu petani dengan mendongkrak harga jagung di pasaran, juga melaksanakan instruksi Gubernur NTB. Jagung yang dibeli ini ungkap Hendra, dikirim ke luar daerah, paling banyak ke Malang. Pengiriman jagung tersebut difokuskan untuk pengolahan pangan menjadi makanan ringan.

“Jadi kami focus untuk pengolahan atau bahan baku pangan, bukan untuk kebutuhan industri pakan,” ungkap Hendra.

Dalam memenuhi kebutuhan pangan ini, Hendra menyatakan pembelian jagung oleh perusahaannya tanpa batas. Selama jagung petani masih tersedia akan dibeli, tentunya dengan harga di atas eceran tertinggi.

“Kami sudah membeli sekitar 2000 ton jagung yang akan dikirim secara bertahap mulai Kamis (23/6) hari ini, dengan pelepasan perdana sebanyak 230 ton jagung pipilan dari Pelabuhan Badas menuju Surabaya,” sebutnya.

Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani Omal Rea Kecamatan Plampang, Muhammad ikhwan, menyambut gembira dengan upaya CV Layan Tani membantu para petani jagung.

Selama ini Ia mengakui pengusaha seenaknya mempermainkan harga jagung. Ketika jagung melimpah, harga anjlok. Pengusaha selalu beralasan bahwa kebutuhan jagung untuk industri pakan sudah mencukupi. Hadirnya CV Layan Tani menurut Ikhwan telah memberikan semangat dan harapan baru bagi petani jagung. Pasalnya perusahaan local itu membeli jagung dengan harga yang menggiurkan dan menguntungkan petani.

Sebagai Ketua Gapoktan yang membawahi petani di Plampang dan Labangka, Ikhwan menyatakan sangat tertarik menjalin kerjasama dengan CV Layan Tani. Sebab keberadaannya sangat memihak kepada petani jagung.

“Saat ini Gapoktan kami memasok 100 ton jagung ke CV Layan Tani, sebagai bukti kerjasama kedua belah pihak,” ujarnya.

Kadis KUMK Indag Kabupaten Sumbawa, Riki Trisnadi, SE., M.Si menilai pembelian komoditi jagung di atas harga rata-rata oleh CV Layan Tani, memberikan dampak positif bagi petani. Dengan pembelian Rp 4.400—4.450 per kilogram, membuat harga jagung di pasaran semakin kompetitif.

“Upaya yang dilakukan CV Layan Tani ini bentuk kepedulian pengusaha lokal yang ikut berkontribusi menyerap jagung petani dengan harga di atas rata-rata saat ini, yaitu Rp 4.400/kg. Kami sangat mendukung dengan menfasilitasi perdagangan antar pulau. Ini sebagai bukti hadirnya pemerintah daerah dalam mendukung pengusaha yang peduli terhadap petani,” ungkapnya. ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button