Peristiwa Dan KriminalPulau Sumbawa

Kejaksaan Serahkan 116,5 Karung Pupuk Subsidi Hasil Rampasan Negara ke Distan Sumbawa

Sumbawa, NTB – Kejaksaan Negeri Sumbawa, serahkan pupuk subsidi sebnyak 116,5 karung hasil rampasan negara kepada Distan Sumbawa.

Serah terima barang rampasan negara pupuk bersubsidi itu berlangsung di Rumah Penitipan Barang Rampasan Negara (Rupbasan) Sumbawa antara Kejaksaan Negeri Sumbawa diwakili Kasi PB3R (barang bukti) Jaksa Rika Ekayanti, kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa diwakili langsung Kadis Pertanian Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati ditandai dengan penandatanganan berita acara.

Kasi PB3R (barang bukti) Rika Ekayanti, Kamis (21/07/2022) mengatakan, sebanyak 116,5 karung pupuk bersubsidi hasil rampasan negara atas kasus tindak pidana memperdagangkan barang dan atau jasa yang ditetapkan sebagai barang dan atau jasa yang dilarang untuk diperdagangkan.

“Atas nama terpidana Mustafa alias Mus yang telah dijatuhi vonis pidana penjara waktu tertentu selama 4 bulan dengan pidana denda sebesar Rp 2.500.000,- subisder 1 bulan kurungan yang telah memiliki putusan berkekuatan hukum tetap (Inkrach) bulan Desember 2018 lalu,” katanya.

Menurut Rika Ekayanti, pada Hari Rabu 20 Juli 2022 barang bukti pupuk tersebut telah diserahkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa guna dapat dimanfaatkan bagi kepentingan petani.

Rika Ekayanti menambahkan, sesuai dengan putusan Inkrach dari Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, maka sesuai dengan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap,barang bukti pupuk bisa diserahkan ke dinas Pertanian untuk dimanfaatkan.

“116,5 karung pupuk subsidi terdiri dari pupuk Urea 15 karung, pupuk NPK 12 karung dan pupuk ZA sebanyak 89,5 karung dengan berat 150 kilogram,” Kasi PB3R merincikan.

Kadis Pertanian Sumbawa, Ni Wayan Rusmawati, menambahkan, pupuk bersubsidi hasil rampasan negara dari Kejari Sumbawa itu telah diterima dan dalam kondisi baik.

“Pupuk bersubsidi itu langsung dialokasikan dan didistribusikan kepada daerah stunting yang memiliki lahan dan petaninya menjadi anggota kelompok tani pada dua desa yaitu Desa Lopok dan Pungkit yang langsung diserahkan oleh petugas teknis Distan Sumbawa,” katanya.

Pihak Distan Sumbawa menyampaikan apresiasi kepada pihak Kejari Sumbawa atas penyerahan pupuk hasil sitaan tersebut sehingga bisa membantu petani yang sedang membutuhkan pupuk.

“Kami atas nama dinas pertanian dan kelompok tani penerima manfaat menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada pihak kejaksaan. Pupuk ini dapat dimanfaatkan bagi pemenuhan pasokan pupuk yang dibutuhkan kelompok tani di dua desa tersebut,” kata Ni Wayan Rusmawati menambahkan . ()

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button