Tak Berkategori

Unram Tampilkan Kesenian Khas Lombok Pada Acara Wisuda Periode Juni 2022

GETNEWS – Universitas Mataram (Unram) menggelar wisuda periode Juni 2022 dengan menampilkan seni khas Lombok di hadapan wisudawan/wisudawati lulusan Program Doktor, Magister, Dokter, Sarjana dan Diploma Unram di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar pada Rabu (20/7).

Berbeda dengan wisuda periode Maret 2022 lalu yang menampilkan tarian khas Papua “Tarian Perdamaian”, wisuda Unram kali ini menampilkan Gendang Beleq alat musik khas suku Sasak untuk menyambut para lulusan Unram dan mengiringi prosesi Rektor Unram beserta jajaran ketika memasuki tempat wisuda. Selain itu, mahasiswa Unram anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya turut menampilkan tarian budaya Lombok “Tari Gandrung”.

Rektor Unram Prof. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. serta Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Kurniawan, S.H., M.Hum. turut mempersembahkan lagu untuk menghibur para wisudawan/wisudawati.

Prof. Bambang dalam wisuda periode Juni 2022 tersebut berbangga atas kelulusan 1.216 mahasiswa Unram. Ia menyampaikan beberapa capaian Unram secara internasional di mana Unram meraih ranking 15 dari 57 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk di Scimago Institutions Ranking berdasarkan indikator riset dan inovasi. Selain itu Unram juga menempati posisi ranking 23 Times Higher Education World University Impact Rankings yang diumumkan April 2022 pada keberhasilan menerapkan 17 sustainable development goals yang diraih melalui berbagai program pengabdian kepada masyarakat.

Di level nasional Unram mendapat klaster Mandiri, yaitu klaster tertinggi dalam bidang riset dan berada pada urutan 24 nasional dari 1.995 perguruan tinggi yang mengikuti klasterisasi. Unram juga masuk dalam 10 besar perguruang tinggi yang meraih dana terbesar untuk riset kompetitif nasional, dan berada pada urutan 8 nasional perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU).

“Unram telah berhasil menarik minat 712 orang mahasiswa dari perguruan tinggi di luar Unram, untuk datang belajar ke Unram melalui program pertukaran mahasiswa MBKM. Walaupun karena keterbatasan sarana-prasarana dan biaya, kita hanya mampu menampung 190 orang hanya dari 74 perguruan tinggi. Jumlah ini meningkat pesat dari 20 di tahun 2021.Selain itu Unram juga akan mengirim sebanyak 149 orang mahasiswa berangkat belajar ke 38 perguruan tinggi lain di Indonesia. Meningkat dari hanya 35 orang di tahun 2021,” terang Rektor Unram dalam pidatonya.

Mengutip Thomas J. Stanley, Ph.D. seorang penulis dan pakar bisnis dari Amerika, Prof. Bambang mengungkapkan bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater tempat mereka belajar. Melainkan ditentukan oleh soft skill yang dimiliki, antara lain kejujuran, kedisiplinan, memiliki kemampuan bergaul dengan orang lain, semangat kerja keras, memiliki rasa cinta terhadap apa yang dikerjakan, memiliki jiwa leadership, kepribadian yang kompetitif, hidup teratur, dan kemampuan menjual ide atau gagasan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button