Pulau Sumbawa

HUT RI ke-77, PWI KSB-AMMAN Gelar Ekspedisi Talonang 2022

Sumbawa Barat, NTB – Memperingati HUT RI ke-77, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Sumbawa Barat bersama PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) merencanakan pelaksanaan  Ekspedisi Talonang 2022.

“Kami bersama Amman Mineral telah menyepakati pelaksanaan Ekspedisi Talonang pada 22 – 24 Agustus 2022 mendatang yang dipusatkan di Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang,” ungkap Ketua PWI Sumbawa Barat, Hairil W Zakariah, Sabtu 30 Juli 2022.

Ia menjelaskan, Ekspedisi Talonang 2022 dilaksanakan sebagai bagian dari kontribusi PWI dalam mendukung investasi berkelanjutan yang memiliki komitmen terhadap kelestarian lingkungan dan azas kemanfaatan untuk masyarakat. Karena itu Ekspedisi Talonang 2022 mengusung tema “Investasi Berkelanjutan, Lingkungan Lestari, Masyarakat Berdaya”.

“Mendukung investasi adalah suatu keniscayaan bagi semua pemangku kepentingan. Karena kemerdekaan secara ekonomi dan sosial, bisa dicapai salah satunya melalui investasi yang bertanggungjawab terhadap lingkungan dan masyarakat,” ucap Hairil.

Ekspedisi Talonang 2022 akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain kemah bakti, sosialisasi pelestarian penyu hijau, pelepasan tukik, donasi untuk siswa tidak mampu di Desa Talonang Baru,  eksplore potensi wisata dan pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah selatan Sumbawa Barat, mendalami program social impact (CSR) yang telah dilaksanakan Amman Mineral di wilayah lingkar tambang, kunjungan ke lokasi pabrik smelter yang masa konstruksinya akan dimulai pada Oktober mendatang serta program pencegahan stunting.

Desa Talonang Baru dipilih sebagai pusat kegiatan karena memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Sebagai desa terjauh dari pusat pemerintahan KSB, desa eks UPT Transmigrasi itu  memiliki pantai yang indah dan menjadi lokasi bertelur penyu hijau. Menurut Hairil dua hal ini jika dikeloka secara professional untuk pariwisata, bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat sehingga aktifitas perburuan telur penyu sebagai salah satu mata pencaharian sebagian warga  bisa ditekan.

“Ini juga bisa menjadi bagian dari upaya menyiapkan masyarakat untuk kehidupan pasca tambang, disamping melalui pengembangan potensi lain seperti pertanian, peternakan dan pembangunan  kawasan industri smelter serta  pelatihan vokasi yang sekarang sedang intens dilaksanakan Amman,” timpalnya.

Ekspedisi Talonang akan diikuti oleh 20 orang wartawan yang tergabung di PWI Sumbawa Barat. “Harapannya, ketika terpublish melalui karya jurnalistik kawan-kawan, berbagai potensi yang ada bisa dikenal luas, menarik investasi dan mendorong pemangku kebijakan untuk bergerak cepat menuntaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan potensi tersebut,” bebernya.

Hairil menyampaikan apresiasi kepada Amman Mineral dan Pemda KSB yang merespon baik pelaksanaan Ekpedisi Talonang 2022. Ia herharap momentum HUT RI ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk memberikan kontribusi terbaik demi kamajuan masyarakat, daerah, bangsa dan negara.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button