Teritorial

TMMD ke 114 Laksanakan Program Non Fisik Bangun Wawasan Kebangsaan Generasi Muda

Sumbawa Barat, NTB – Program TMMD 144 Kodim 1628/Sumbawa Barat tidak hanya menyentuh sasaran fisik namun yang tidak kalah penting sasaran non fisik dalam membangun sikap mental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD 114 Kodim 1628/SB, Letkol Inf Octavian Engalana Partadimaja dalam keterangan rilis di Sumbawa Barat, Rabu (3/8/2022).

Selain pengerjaan fisik TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti hari ini diadakan penyuluhan wawasan kebangsaan dan rekrutmen Prajurit TNI bertempat di Aula Ki hajar Dewantara SMAN I Poto Tano.

“Hal ini sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada generasi muda dalam menumbuhkan semangat kebangsaan serta meningkatkan pengetahuan tentang proses rekrutmen Prajurit TNI,” jelas Dansatgas.

Penyampaian materi dilakukan oleh Pasipers Dim 1628/Sumbawa Barat Kapten Cba Suwondo ini diawali dengan memberikan semangat Yel yel dari Siswa siswi SMAN 1 Poto Tano guna menyemarakkan acara.

Adapun isi materi wawasan kebangsaan dan rekrutmen TNI secara garis besar antara lain dijelaskan bahwa Penerimaan calon anggota TNI itu setiap tahun ada 6 kali dalam setahun .

“Tata cara penerimaan adik adik harus mendaftarkan diri secara online dan validasi data /berkas nanti di kantor Ajenrem 162/Mataram,” ungkapnya.

“Saat ini banyak keahlian yang di butuhkan oleh TNI baik dari bidang Olah raga maupun bidang lainnya untuk Tamtama, Bintara dan Perwira, khusus penerimaan Bintara sumbernya banyak ada Bintara unggulan , Bintara Umum / PK, sedangkan untuk Perwira bisa mendaftarkan diri di Akademi Militer, Pa PK TNI,”.

Sedangkan untuk informasi jadwal dan persayaratan penerimaan menjadi anggota TNI, lanjut Suwondo, bisa ditanyakan di Koramil atau Kodim KSB ataupun menanyakan kepada anggota TNI yang ada di wilayah KSB ini termasuk secara online melalui situs resmi tnirekrutmen .id. mil.

Sementara Materi seleksi dengan memakai sistem gugur meliputi : Pendaftaran Online / Administrasi.  Pemeriksaan Kesehatan. Jasmani   Litpers.  Tes Psikologi, Pantuhir.

“Selama proses seleksi penerimaan calon anggota TNI tidak di pungut biaya, jelasnya.

Adapun persyaratan menjadi anggota TNI yakni sbb : Syarat Umum : Warga negara Republik Indonesia.  Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.  Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia / SKCK.  Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.  Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Syarat  Lain/tambahan antara lain :  Pria dan/atau wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.  Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta (Khusus penerimaan Perwira) yang terakreditasi sesuai kebutuhan.  Belum pernah Nikah dan sanggup tidak Nikah selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah selesai pendidikan pertama.  Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Bersedia mengikuti pemeriksaan atau pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental, ideologi, dan Psikologi.  Berumur minimal 18 tahun dan 22 tahun pada saat mendaftar / awal saat masuk pendidikan.  Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.  Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun. Perlu di garis bawahi bahwa penerimaan untuk menjadi anggota TNI, tidak dipungut biaya.

“Bila ada orang yang mengaku ingin membantu adik adik dan membutuhkan biaya itu bohong dan jangan dipercaya, adik adik bisa menkofirmasi ke koramil maupun ke Kodim,” tegasnya.

“Untuk menjadi anggota TNI terkait  keberhasilannya tergantung adik adik semua dalam menyiapkan diri, penerimaan anggota itu cukup banyak bukan dalam 1 kesempatan saja (cukup banyak kesempatan) ada penerimaan Calon Tamtama, Bintara, dan Akmil baik untuk pria maupun Wanita.” Imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi tentang rekrutmen penerimaan calon perajurit TNI AD dalam rangka kegiatan non fisik sasaran TMMD dengan tujuan agar masyarakat KSB / adik – adik pelajar di KSB mengetahui dan paham tata cara penerimaan , syarat – syarat dalam penerimaan calon anggota TNI AD. Informasi waktu penerimaan calon anggota TNI AD bisa didaptkan di Koramil 04/Poto Tano ,  Kodim KSB ataupun di akses melalui media sosial / situs resmi TNI AD.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi Rekrutmen penerimaan calon anggota TNI tingkat animo pemuda / masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat untuk masuk menjadi calon anggota TNI semakin meningkat,” Harap Dansatgas.

PenKodim1628sb

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button