Tak Berkategori

UUM Beri Kemudahan Mahasiswa Unram Yang Ingin Melanjutkan Pendidikan

GETNEWS – University Utara Malaysia (UUM) mengunjungi Universitas Mataram (Unram) bertajuk Bilateral Partnership Visit (kunjungan kerjasama bilateral) di Ruang Sidang Senat Rektorat pada Kamis (28/07). Kunjungan tersebut bertujuan memperkuat tali silahturahmi dan menindaklanjuti kerjasama Unram dan UUM.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr., St., Ph.D saat menyampaikan sambutan menjelaskan ada beberapa peluang kerjasama yang bisa dimanfaatkan, yakni; pertama, UUM memiliki kurang lebih 20 jurnal, 16 jurnal diantaranya sedang dikembangan dan 4 jurnal lainnya terindeks scopus.

“Kita bisa join disitu dan tentunya hal ini bisa meningkatkan jumlah guru besar yang kita miliki” tegas Rektor Unram.

Peluang kedua yakni mahasiswa bisa melakukan double degree. Nantinya mahasiswa yang terpilih akan mengambil beberapa matakuliah di kampus UUM. Guru Besar Fakultas Pertanian itu juga menyampaikan bahwa kendala Bahasa tidak menjadi persoalan yang besar lantaran bangsa kita yang masih serumpun.

Diantara sekian banyak mahasiswa Unram nantinya akan diseleksi mahasiswa sesuai dengan kemampuan akademik dan kemampuan ekonomi. Unram akan memberikan subsidi untuk mahasiswa yang tertarik melanjutkan pendidikannya di UUM.

Vice Chancellor UUM, Prof. Dr. Hail Hilman Abdullah dalam sambutannya mengatakan dulu negara Malaysia pernah meminta kepada Indonesia untuk mengantarkan dosen-dosen untuk mendidik anak bangsa yang ada di Malaysia. Kami tidak akan pernah lupa jasa Indonesia dalam pendidikan Malaysia.

“Dan hari ini saya datang ke Indonesia membawa aspirasi dan mengajak teman-teman, sahabat-sahabat Indoneisa untuk menyatakan bahwa kita siap bekerja sama untuk membangun anak-anak kita yang serumpun dan sebangsa”. tutur Prof. Hilman

“Sekitar 700 mahasiswa asal Indonesia sudah berkuliah di UUM dan telah meluluskan lebih dari 1.500 alumni UUM yang berasal dari Indonesia dan kini telah menduduki kedudukan penting di negara Indonesia maupun antar negara lainnya.” Paparnya lebih lanjut.

UUM akan memberikan kemudahan akses untuk asrama dan ekstrakulikuler. Karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan soft skill mahasiswa. “Nantinya akan dipertimbangkan fakultas-fakultas mana yang bisa diadakan kerjasama dan menerapkan agenda seperti yang disampaikan bapak rektor” unggkap Prof. Hail Hilman Abdullah.
Dalam kunjungan tersebut, UUM dan Unram juga menandatangani penjanjian kerjasama dalam bidang tri dharma.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button