NEWSNusa Tenggara Barat

Rektor Unram Resmi Lepas Duta Kampus Merdeka Unram 2022

GETNEWS – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr,St., Ph.D melepas secara resmi Duta Kampus Merdeka Unram 2022 meliputi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Program Kampus Mengajar, dan PPK Ormawa di gedung Dome Unram, Senin (8/8).

Kegiatan yang dihadiri para pejabat Unram ini mengambil tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya. Belajar Sambil Berdampak”.

Aurelius Rofinus Lolong Teluma, S.S., M.A, Ketua PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, melaporkan ada 27 program studi S1 yang mendaftarkan diri dan menyedia sekitar 174 mata kuliah.

“Kami berharap banyak mahasiswa Unram yang kuliah sambil jalan-jalan keliling Indonesia. Kami juga berusaha merayu mahasiswa seluruh Indonesia untuk datang bergabung bersama kita di pulau Lombok khususnya Unram dan ternyata respon mereka sangat luar biasa,” Tutur Aurelius.

Aurelius melanjutkan bahwa uUntuk kegiatan outbond sebanyak 377 mahasiswa Unram mendaftar untuk mengikuti pertukaran mahasiswa mardeka dan sebanyak 148 mahasiswa terpilih yang siap berangkat.

“Sedangkan kegiatan inbond pada batch pertama tercatat sebanyak 720 mahasiswa seluruh Indonesia yang ingin bergabung ke Unram dan terpilih sebanyak 150 mahasiswa Inbond yang tergabung bersama kita pada semester ini. Peserta inbond ada 74 perguruan tingi yang mengirimkan mahasiswanya untuk bergabung berkuliah di Unram pada semester ini dan paling banyak dari Universitas Candi”. Tambahnya.

Selai itu, Aurelius juga menjelaskan jika pertukaran mahasiswa tidak hanya terbasa di dalam negeri saja, tetapi juga skala internasional. “Unram juga menyiapkan dana untuk 5 orang mahasiswa yang ingin berkuliah di Universitas Utara Malaysia (UUM).” Terangnya.

Sementara itu, Dr. H. Dedi Setiadi M.Sc selaku PIC Program Kampus Mengajar batch 4 menjelaskan bahwa kegiatan Kampus Mengajar batch 4 akan dilaksanakan mulai dari Agustus sampai dengan Desember 2022. Tercatat sebanyak 84 dosen mendaftar sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada sistem, dan yang dinyatakan lolos sebanyak 20 DPL.

“Saya berpesan untuk seluruh mahasiswa kampus mengajar, mohon untuk tidak mangkir dan tidak megundurkan diri setealah mengikuti pelatihan dan pembengkalan kampus mengajar. Tuntaskan demi nama baik Unram” jelas Dr. Dedi saat meyampaikan laporan.

Dr. Ir. Erwan, M.Si, selaku DPL PPK Ormawa Unram saat menyampaikan laporan Kegiatan MBKM Membangun Desa mengatakan jika ada 14 proposal yang dikirim dari Unram dan bersaing dengan sekitar 1.800 kelompok mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kemudian dari 14 proposal tersebut ada 3 proposal yang lolos di tahap pertama. Masing-masing PPK ormawa ini diberikan dana hibah sebesar 40 juta.

Kegiatan MBKM Membangun Desa ditujukan untuk mahasiswa agar timbul rasa empati, rasa peduli yang tinggi, rasa tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa untuk memecahkan masalah-masalah di desa.

“Mahasiswa diharapakan membawa informasi, teknologi yang sudah dihasilkan dikampus untuk mengambangkan masyarakat desa.” Ungkap Erwan.

Rektor Unram saat melepas secara resmi Duta Kampus Merdeka Unram 2022 berpesan kepada seluruh mahasiswa Duta Kampus Merdeka agar bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah untuk memajukan desa dan membina masyarakat.

“Kalian semua, selain Duta Kampus Merdeka Unram, kalian juga pahlawan untuk Unram yang diharapkan mampu memberikan kontribusinya kepada desa. Silakan ilmu yang didapatkan di universitas ini berikan sebanyak-banyaknya untuk masyarakat. Ilmu tidak akan sia-sia. Ilmu ini akan bermanfaat untuk mereka dan tidak ada putus-putusnya selama ilmu tersebut diimplementasikan oleh masyarakat.” Pungkas Prof. Bambang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button