GET FOCUS

Mensos: Bansos BBM cair mulai September

GETNEWS. – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan bantuan sosial (bansos) bahan bakar minyak (Bansos BBM) akan cair mulai September 2022.

Bansos BBM tersebut untuk 18.486.756 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari rencana 20,65 juta KPM. Bansos akan disalurkan melalui PT Pos di daerah masing-masing.

Demikian disampaikan Mensos Risma dalam konferensi pers melalui You Tube dari di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Kementerian Sosial pun saat ini dikatakan Mensos sedang membersihkan atau melakukan cleansing data KPM.

“Sisanya sedang proses cleansing, karena seperti kita ketahui, misalkan kita umumkan hari ini, jam ini, satu jam atau berapa menit kemudian ada yang meninggal,”katanya.

Risma mengungkapkan, data dalam tahap cleansing meliputi tiga ratus ribuan kepala keluarga (KK). “Jadi kita perlu cleansing, masih ada 313.244 KPM di PT Pos yang sedang kita cleansing bersama,” imbuhnya.

Selain itu, Risma menyebutkan jadwal pembagian bansos BBM akan dilakukan dalam  dua tahap.

“Jadi per tahapnya Rp300.000. Kita berikan per September ini, dan nanti pada awal Desember, kita berikan yang kedua,” katanya.

Sedangkan dalam pembagian bansos BBM nanti, masyarakat bisa mengakses Usul Sanggah di situs Kementerian Sosial (Kemensos).

“Masyarakat bisa mengusulkan dirinya sendiri ke dalam program usul sanggah, dan kami akan cek di lapangan lewat pendamping,” ungkap Risma.

Dia menambahkan pihaknya memiliki 70.000 pendamping di seluruh Indonesia.

InfoPublik/Foto: Sekretariat Kabinet

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button