Teritorial

Tim Assistensi Tehnis Bintahwil Pusterad Kunjungi Kodim 1628/Sumbawa Barat

Sumbawa Barat – Kabag Bakti TNI Sedirter Pusterad Letkol Inf Lucky Maramis A.MD., didampingi oleh Komandan Kodim 1628/Sumbawa Barat memimpin Kegiatan Asistensi Teknis Penyelenggaraan Bintahwil Kodim 1628/Sumbawa Barat Korem 162/Wira Bhakti Kodam IX/Udayana.

Bertempat di Ruang Aula Kodim 1628/SB Jln. Labuhan balat No.3 Kel. Bugis Kab. Sumbawa Barat. Dalam sambutannya, Dandim 1628/SB menyampaikan kepada Ketua Tim bahwa Kodim 1628 / Sumbawa Barat yang terbentuk pada tanggal 5 Mei 2018 baru pertama kali Tim Asnis Bintahwil dapat melaksanakan kegiatanya di wilayah Kab. Sumbawa Barat dan pusterand.

Sehingga kesempatan ini bisa sekaligus Tim Asnis dari Puterad bertatap muka dengan para tokoh untuk mendapatkan saran masukan sehingga Binter di Wilayah Kab. Sumbawa Barat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dandim juga berharap, kedepannya dengan adanya masukan arahan dari Tim Asnis Pusterad dapat memberikan pengetahuan wawasan baik dalam penyelenggaraan di satuan kewilayahan maupun perbaikan dari masukan yang diberikan oleh Bapak Ibu para tokoh masyarakat.

“Semoga dengan semua masukan dan wawasan yang diberika menjadi bahan dalam menyempurnakan bentuk kegiatan sesuai dengan tujuan kegiatan Bintahwil dalam menyiapkan potensi wilayah baik geografi, demografi dan kondisi social dalam meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat untuk kepentingan pertahanan Negara.” Ujarnya.

Sementara dalam amanatnya Danpuster TNI-AD yang di bacakan oleh Kabag Bakti TNI Sedirter Pusterad Letkol Inf Lucky Maramis A.MD., dalam rangka mengikuti asistensi teknis penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah di Kodim 1628/Sumnawa Barat selain untuk bersilaturahmi juga untuk menyamaka persepsi untuk penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah yang merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat tentang pembinaan teknik ketahanan wilayah sebagai salah satu fungsi pembinaan teritorial.

“Melalui pembinaan ketahanan wilayah diharapkan dapat mendorong, mengarahkan dan membangkitkan semangat bela negara khususnya generasi muda pembinaan ketahanan wilayah memiliki peran yang sangat penting dan strategis mengingat masyarakat yang menjadi obyek ketahanan wilayah merupakan kader-kader penerus perjuangan bangsa,”

“Perlu diketahui bahwa tujuan pembinaan ketahanan wilayah adalah mewujudkan kekuatan ketahanan wilayah aspek darat dan kesejahteraan masyarakat guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI-AD,” ujarnya.

Dalam pembinaan ini melaksanakan kegiatan wilayah ketahanan diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta, lanjutnya, tetutama yang berkaitan kegiatan bela negara dan untuk mencapai keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan pembinaan ketahanan wilayah maka perlu adanya kerja sama yang baik antara satkowil dan dinas terkait serta di perlukan petunjuk penyelenggaraan sehingga dapat di gunakan sebagai pedoman bagi penyelenggara serta tercapainya sasaran dan tujuan pembinaan ketahanan wilayah.

“Maka yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan asistensi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil penyelenggaraan wilayah pembinaan ketahanan telah dilaksanakan Kodim 1628/Sumbawa Barat terhadap masyarakat wilayah binaanya,” ujarnya.

“Serta mengetahui apa kelemahan, penyelenggaraan, pembinaan ketahanan wilayah di Kodim sebagai bahan Evaluasi, dan mendapatkan saran dan masukan tentang penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dari satuan bawah.” Katanya.

Adapun yang hadir dalam Kegiatan teesebut antara lain Mayor Inf Robi Manuel. S.Sos, Kasdim 1628 / Sumbawa Barat Mayor Inf Dahlan S.Sos., Para perwira staf Kodim 1628/Sumbawa barat, Para Danramil Kodim 1628/Sumbawa barat. Kadis Sosial KSB, Kadis Lingkungan Hidup KSB, Kadis Kalak BPBD, Kaban Kesbangpol, Camat Maluk, Lurah Bugis, Kades Banjar, Ketua PPAD, para TODAT , TOGA , TODA , ORMAS dan LSM dan Para Babinsa Kodim 1628/Sumbawa Barat.

PenKodim1628

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button