Nusa Tenggara BaratPulau Lombok

Mudahkan Pelayanan AKAD Lobar Launching Aplikasi E-comerce dan Desa Digital Lombok Barat

GETNEWS – Asosiasi Kepala Desa (AKAD) memperingati hari jadinya yang pertama, yang dirangkai dengan Launching Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD Lombok Barat, pada Selasa, 18 Oktober 2022, di Gedung Seni dan Budaya di Narmada.

Ketua Umum AKAD Lombok Barat, Sahril, S. H., mengatakan bahwa Aplikasi AKAD Lobar ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan pemerintah desa.

“Aplikasi ini untuk memudahkan pemerintah desa melakukan pelayanan kepada masyarakat. Pertama disitu ada info desa untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam sistem digitalisasi seperti surat menyurat dengan sistem online,” terangnya saat diwawancara sejumlah wartawan usai acara.

Selain itu, lanjutnya, aplikasi ini bisa meng update semua potensi desa melalui fitur-fitur yang dilengkapi untuk dirangkum dengan potensi desa-desa yang ada di Lombok Barat.

“Satu aplikasi, 119 desa akan menjadi admin desanya masing-masing terkait potensi desa,” jelas Kades Jeringo ini.

Aplikasi ini E-comerce ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti akad ojek, akad mobil, akad food, akad kurir dan akad hotel untuk memudahkan masyarakat di desa maupun di kota untuk mengakses segala kebutuhannya.

“Memudahkan masyarakat yang mau memesan makanan, minuman maupun mengantar mengantar barang, mengantar orang, mengantar surat, kami siapkan di . Termasuk untuk menggunakan travel-travel jasa lainnya,” terangnya.

Aplikasi ini merupakan yang pertama se Indonesia yang di dalamnya ada aplikasi desa digital sekaligus E-comerce dimana Lombok Barat menjadj pilot project untuk mendigitalisasi desa secara masif se Kabupaten Lombok Barat.

“Ini adalah menjadi impian dan harapan kami di Asosiasi Kepala Desa,” ungkapnya.

Aplikasi ini sendiri dikelola dibawah tanggung jawab PT AKAD Lombok Barat. Dimana dalam setiap keuntungan dari dana CSR yang didapatkan akan dikembalikan kepada anak yatim dan orang tua jompo yang ada di Lombok Barat.

“Ini sebagai bentuk perhatian kami sehingga siapapun yang menggunakan aplikasi ini itu artinya sama-sama menginfakan rejeki kepada anak yatim piatu atau lansia yang ada di Lombok Barat,” ucapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button