GET MORE

Senggigi Sunset Jazz dan Katon Bagaskara Yang Ngangenin

Senggigi, Lombok Barat – Gelaran event Musik Jazz Pantai bertajuk Senggigi Sunset Jazz kembali digelar pemerintah kabupaten Lombok Barat setelah dua tahun vakum imbas pandemi Covid-19.

Event ini merupakan agenda rutih Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dan merupakan ajang promosi untuk kembali menghidupkan destinasi wisata Lombok Barat khususnya Senggigi.

Musik Jazz sendiri adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz sebenarnya banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon.

Dan aliran musik ini memiliki penggemar tersendiri yang berasal dari berbagai daerah dan salah satunya di Pulau Lombok.

Ini terlihat dari antusiasme para pecintanya yang berbondong bondong datang ke gelaran musik jazz yang dimulai kala senja dan diadakan di dipinggir Pantai tepatnya di Pantai Kerandangan Senggigi Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat, pada Sabtu 5 November 2022.

Pada hari pertama gelaran Jazz pantai ini, artis artis jazz senior dari ibukota seperti Fariz RM dan Katon Bagaskara mampu menebarkan pesonanya memenuhi kerinduan para penggemarnya.

Fariz RM dengan lagu Barcelona dan Sakura-nya membawa generasi 80-90 an sulit untuk tidak ‘mendadak’ ber-nostalgia.

Namun, pesona Fariz RM harus diakui jelas terasa kalah pamor dengan Katon Bagaskara. Pentolan grup band KLa Project ini yang tampil di sesi terakhir pada 21.30 waktu lombok adalah yang paling ditunggu penonton yang membanjiri pantai Kerandangan.

Salah seorang penonton asal Kota Ampenan yang mengaku fans berat KLa Project dan Katon Bagaskara, Siti Humaera (45) mengatakan lagu lagu Katon dan KLa Project ngangenin.

“Semua lagu ciptaan Katon, romantis semua, tak hanya asyik didengar tapi makna setiap liriknya juga sangat mengena,” ungkapnya sambil menunjuk ke dada kirinya, “Terasa di hati dan ngangenin,”.

Tak hanya Siti Humaera, Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang juga hadir mengaku memang sengaja datang untuk menyaksikan Katon Bagaskara. Hal itu terungkap saat Katon menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kehadiran Gubernur bersama Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid.

“Saya dengar bapak Gubernur NTB juga ikut hadir, dan katanya karena ingin menyaksikan saya, terimakasih bapak Gubernur,” ucap Katon.

Selain Gubernur NTB dan Bupati Lombok Barat hadir juga menyaksikan anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT. Mereka semua tampak hanyut dan larut bersama ribuan penonton melalui tembang tembang hits Katon Bagaskara maupun KLa Project.

Gubernur NTB DR Zulkieflimansyah (kiri baju kaos merah) bersama Bupati Lombok Barat H Fauzan Halid

Walau sempat diwarnai gerimis namun para penonton yang sudah terkena ‘sihir nostalgia’ Katon enggan untuk beranjak. Terlebih saat lagu yang paling dinanti seperti Yogyakarta, Terpurukku Disini, Lara Hati dibawakan para penonton pun semakin hanyut.

Ditutup lagu Dinda Dimana, para penonton yang mulai resah karena gerimis yang semakin deras merasa kangen mereka sudah terbayar tuntas.

“Top pokoknya, semua lagu yang kita memang harapkan dibawakan semua, kangen kami sudah dibayar tuntass,” ujar Humaera bersama para penonton lainnya dengan semangat.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang sejak sore sudah berada di lokasi mengatakan bahwa kegiatan Senggigi Sunset Jazz ini menjadi ikhtiar dalam membangkitkan kembali pariwisata senggigi. Hal ini merupakan kolaborasi dari berbagai pihak swasta dalam upaya meramaikan kembali kawasan wisata senggigi.

“Ini kolaborasi berbagai pihak swasta yang diorganize oleh nuraga. Ini luar biasa menjadi ikhtiar dalam memajukan dan meramaikan kembalj pariwisata senggigi,” ujarnya.

Bupati dua periode ini berharap agar even ini dapat memberikan nilai tambah yang fantastis terhadap pariwisata senggigi. Dengan antusiasme penonton yang berasal dari berbagai daerah ia optimis even ini memiliki dampak ekonomi yang besar bagi senggigi. Selain itu ia juga optimis even ini dapat memnangkitkan kembali pariwisata senggigi.

“Kami optimis pariwisata senggigi bangkit kembali dan ekonomi masyarakat bergerak. Mari kita dukung even ini dan kita nonton artis-artis jazz legendaris.” Ujarnya.

Fauzan mengatakan bahwa penampilan katon Bagaskara, Fariz RM serta artis lainnya di hari pertama ini sungguh luar biasa. Lirik lirik lagu Jogjakarta, Dinda dimana dari Katon Bagaskara dan Barcelona serta Sakura dari Faris RM membawa kita pada nostalgia yang indah dan mempesona. Fauzan mengatakan para penonton selain dimanjakan oleh suara khas artis artis jazz legendaris juga dimanjakan dengan sunset dan suasana pantai yang sangat mempesona. Karenanya ia merasa sangat puas dan terhibur dengan even senggigi sunset jazz 2022 ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button