Teritorial

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Danramil Sakra Berikan Wasbang dan Bela Negara

GETNEWSIndonesia.com l Lombok Timur – Danramil 1615-07/Sakra Kapten Chb Ismail, SH., bersama Pelda Haromain memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada adik-adik siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Lombok Timur di Aula PPT MAN IC, Selasa (8/11).

Pada kesempatan tersebut, Danramil 1615-07/Sakra dalam materinya mengingatkan pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara ditengah globalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini. Sikap dan perilaku setiap warga negara harus dijiwai oleh kecintaan terhadap bangsa dan negara dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sebagai warga negara Indonesia, dalam upaya bela negara memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai mana diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 (3) “Setiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan Pasal 30 (1) disebutkan “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” yang kemudian dijabarkan dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Bela negara tidak terlepas dari wawasan kebangsaan yang harus dimiliki oleh setiap anak bangsa termasuk adaik-adik siswa-siswi MAN IC. Untuk menjamin keberlangsungan hidup suatu bangsa dan negara dibutuhkan kesadaran bela negara yang pada hakikatnya kesediaan untuk berbakti dan rela berkorban demi kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Kehidupan dalam pondok setiap hari berada dalam pemantaun dan pengawasan para guru dan pembina. Untuk itu, sambungnya, dari sedini mungkin harus ditanamkan kemandirian dan kedisiplinan dalam diri pribadi masing-masing sehingga akan terbiasa dan terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

“Inilah modal awal bagi adik-adik sebagai generasi penerus bangsa untuk meraih cita-cita,” tegas Ismail.

Terpisah, Wakil Kepala Sekola MAN IC bidang kesiswaan H. Selamat Ridwan, M.Pd., mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program yang lakukan setiap tahun sebagai langkah awal untuk melatih dasar-dasar kepemimpinan (LDK) bagi siswa-siswi MAN IC khususnya para pengurus OSIS dan MPS masa bhakti 2022-2023.

“LDK ini dilaksanakan selama lima hari dengan berbagai kegiatan yang melibatkan beberapa instansi seperti Koramil, Puskesmas, BNN kabupaten, Kemenag dan Paskibraka Lotim.

Ia juga berharap apa yang sudah mereka peroleh selama lima hari ini diharapkan dapat mentransfer dan menularkannya kepada siswa-siswi yang lain. (ii)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button